Kamis, 12 April 2012

Keutamaan dan Khasiat Surat AL-IKHLAS

Keutamaan dan Khasiat Surat AL-IKHLAS

Mengenai keutamaannya, Nabi Muhammad Saw. telah bersabda:

"Barangsiapa yang membaca "Qul huwallaahu ahad" (Surat Al-Ikhlas), maka seakan-akan dia telah membaca sepertiga Al-Qur'an." (HR. Ahmad dan An Nasai)

"Barangsiapa yang membaca "Qul huwallaahu ahad" tiga kali, maka seakan-akan dia telah membaca Al-Qur'an seluruhnya." (HR. Al 'Uqaili dari Rajaa Al Ghanawi)

"Barangsiapa yang membaca "Qul huwallahu ahad" sebelas kali, Allah membangun rumah untuknya di surga." (HR. Ahmad dari Mu'adz bin Anas)

Hadis-hadis di atas menunjukkan betapa agungnya Surat Al-Ikhlas. Karena di dalam Surat Al-Ikhlas ini sepenuhnya menegaskan kemurnian atas keesaan Allah Swt.

Adapun khasiat-khasiat yang terkandung di dalamnya banyak sekali, antara lain:

1. Untuk mencapai segala yang dimaksud
Caranya: Bacalah surat Al-Ikhlas 1.000 kali pada waktu antara shalat Maghrib dengan shalat Isya'. Setelah selesai, mintalah kepada Allah segala yang dihajati. Insya Allah, Allah akan mengabulkan semua yang dimaksud.

2. Menghindarkan dari semua bala bencana
Caranya: sama dengan cara di atas. Insya Allah semua bala bencana akan terhindar.

3. Selamat dari para orang yang rakus
Caranya :
a. Bacalah lafal "Ya Shamadu" 134 kali secara beruntun dan terus menerus dijadikan sebagai amalan sehari-hari. Insya Allah, akan selamatlah kita dari maksud jahat para orang rakus lagi aniaya.
b. Bacalah lafal "Ya Shamadu" 40 kali, setiap hari. Insya Allah selama hayat masih dikandung badan, kita selalu selamat dari maksud jahat orang-orang yang rakus.

4. Terhindar darh rasa lapar dan dahaga
Seandinya seorang berada di perjalanan, atau di tempat yang jauh dari keramaian dan sukar didapatkan air atau mencari makanan, maka bacalah "Ya Shamadu" sebanyak-banyaknya. Insya Allah rasa payah, lapar dan dahaga akan sirna dengan sendirinya, sehingga badan tetap kuat untuk meneruskan tujuan.

5. Terhindar dari fitnah dan siksa kubur
Caranya: Bacalah surat Al Ikhlas pada orang yang sedang sakit. Seandinya orang yang sakit itu kemudian meninggal pada hari itu juga, maka Insya Allah dia akan diselamatkan dari segala fitnah kubur.

6. Mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat
Caranya: Bacalah surat Al Ikhlas setiap hari sebagai amalan sehari-hari. Insya Allah berkat surat Al Ikhlas yang kita baca itu, kita akan mendapatkan kebaikan di dunia dan akhirat.

7. Barangsiapa yang membaca surat Al Ikhlas sebanyak 20 kali, maka Allah akan memberikan panggung di surga.

8. Barangsiapa yang membaca surat Al Ikhlas sebanyak 50 kali, maka Allah akan mengampuni dosanya selama 50 tahun.

9. Barangsiapa yang membaca surat Al Ikhlas sebanyak 100 kali di waktu shalat dan lainnya, maka Allah akan membebaskan dia dari siksa neraka.

10. Barangsiapa yang membaca surat Al Ikhlas sebanyak 200 kali, maka Allah mengampuni dosanya selama 100 tahun.

Sebenarnya masih banyak khasiat yang terkandung dalam surat Al Ikhlas. Tapi kiranya khasiat yang telah tersebut di atas sudah cukup digunakan untuk bekal hidup, baik untuk sesuatu hajat yang sangat dibutuhkan atau untuk perisai badan agar sehat wal afiat, terlepas dari gangguan lahir maupun batin.
Kendati demikian, apa pun yang kita lakukan dengan membaca surat Al Ikhlas itu adalah merupakan kecintaan kita kepada Al-Qur'an. Cinta kepada Al-Qur'an sama halnya mencintai sunah Allah.
Pernah seorang sahabat Nabi Muhammad Saw. datang kepada beliau menceritakan bahwa dia selalu memperbanyak membaca surat Al Ikhlas di dalam shalat, karena kecintaanya. Lalu beliau bersabda kepada sahabatnya itu, "Kecintaanmu kepada surat Al Ikhlas itu dapat memasukanmu ke Surga."

Tidak ada komentar: